Selasa, 04 Desember 2012

(DIY) Bikin sendiri Nunchaku Foam, Versi Rantai

Utk membuat Nunchaku Foam model Rantai, sedikit lbh rumit dr yg versi tali,
Perlu diingat disini ane menggunakan alat2 teknik yg memerlukan keahlian & kehati2an dlm bekerja, jadi ane nggak bertanggung jawab, jika ada kecelakaan kerja, kerusakan/kerugian materi dlm pembuatan NC ini, karna itu berhati2lah "Do With Your Own Risk!!" ( DWYOR) = Resiko ditanggung penumpang :D
langsung aja utk bahan2 rantai dsb bs beli di toko yg menjual alat2/perlengkapan teknik/toko bangunan, berikut bahan2nya:
     1. Rantai besi, saran ane pilih yg agak besar, jgn terlalu besar seperti rantai kapal :D
         atau terlalu kecil kayak rante dompet, nanti mudah putus.
         pilih yg sambungan tiap mata rantainya kuat & tebal. kisaran harga Rp.10.000/meter
     2. Ring gantungan kunci, Rp.500/pcs, beli 2pcs
     3. Ring baut 2pcs, ukuran menyesuaikan ujung swivelnya
     4. Selang fiber kecil, kira2 muat utk baut swivelnya
     5. Bagian yg penting yakni "swivel" nunchaku, agar lbh leluasa berputar & berayun
         ditempat ane agak susah utk cari semacem "swivel bolt" jd gunain kreatifitas terserah bisa pke baut      berlubang / bs jg pke "eyebolt" yg penting bisa muter2 :D.
     6. pipa PVC 1/2 inch = 2pcs @25 cm
     7. dop pipa 1/2 inch = 4 pcs
     8. sekrup kecil 1/2 inch = 2-4 butir
     9. Busa/Foam stang sepeda/motor = 2 pcs uk. +/- 25 cm


Alat2 pekerjaan:
     1. Bor Listrik + mata bor besi diameter 3mm & 8mm
     2. gergaji besi
     3. amplas halus
     4. obeng +
     5. Tang
     6. Gunting / cutter
     7. kunci pas
     8. mesin Gerinda

berikut cara pembuatannya:
1. potong pipa jadi 2pcs, panjang masing2 25 cm, rapikan ujung2nya dgn amplas

2. utk swivel ane pake baut dgn diameter dratnya +/- 8 mm, panjangnya sekitar 1 inch, Gerinda ujung permukaan bautnya sampai rata satu sisi aja, lalu buat lubang ditengah2nya dgn bor 3mm, bor sampai tembus bautnya.Masukan ke dalam selang fiber dgn bantuan tang dan kunci pas, setelah masuk lalu potong dengan cutter secukupnya aja kira2 1cm seperti yg terlihat di foto.

3. Lubangi 2 pcs dop pipa dgn bor 8mm, masukkan swivel tadi di dalam dop, keluarkan ujung baut yg berlubang. lihat apakah lubang bautnya udah pas buat masukin sambungan rantainya, klo merasa lubang masih mendem/blm keluar, cb potong sedikit selang td beberapa mili aja, buat celah biar bisa berputar, klo dirasa lubang baut udah cukup keluar sebelum disambungkan dgn rantai jgn lupa masukan ring baut terlebih dahulu, lalu kancingkan dengan ring gantungan kunci, lalu ring tadi disambungkan ke ujung rantai, ukurlah panjang rantai yg kira2 anda inginkan, jgn terlalu panjang/pendek, atau bs jg ambil panjang rantainya selebar 4 jari anda. Lakukan hal serupa di swivel NC yg satunya lagi

4. Masukkan ujung pipa gagang NC dgn dop swivel ini, tekan smp mentok, buat lubang baut dengan mengebor sisi dop lalu masukan sekrup kecil & kencangkan

5. Tes dahulu sambil diputar2, apakah udah mantep atau masih nyangkut2, biasanya ujung sekrupnya yg menggangu putaran swivel, klo dirasa menggangu potong sedikit dgn gerinda, jika sdh lancar bs kasih sedikit minyak mesin/pelumas seperti merk"singer" atau sejenisnya jg blh, biar putarannya lancar.



6. Jika sdh lancar kencangkan kembali dgn sekrup, pasang busa / foamnya di gagang NC, lalu sumbat dgn dop pada bagian ujung bawah NC, tekan smp mentok & rapatkan busanya smp menutup bagian bawah NC


 nah ini NC yg sudah jadi



nih beberapa alternatip buat swivelnya, cm ane blm pernah pke swivel bolt & eyebolt, klo ada yg nyoba atau punya ide lain jgn sungkan2 silakan sharing dgn ane dsini ^^, kritik & saran jg ane tampung, Selamat berkarya :D


Eyebolt
 Swivel bolt

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share It